Kasus Virus Corona COVID-19 di Iran membuat WHO khawatir dikarenakan jumlah pasien telah mencapai 43 orang yang merupakan tertinggi di Timur Tengah.

Negara yang tidak jauh dari Iran pun tidak ragu untuk langsung menutup akses mereka terhadap Iran. Turki, Afganistan, Pakistan dan Armenia telah menutup perbatasan mereka dengan Iran.

Empat negara tersebut menutup akses sebagai tindakan jaga-jaga untuk mencegah penyebaran virus corona. Seluruh jalur baik itu darat hingga udara ke dan dari Iran telah ditutup pada hari Minggu semalam.

4 Negara Di Timur Tengah Tutup Akses Iran Karena Khawatir Penyebaran Corona
4 Negara Di Timur Tengah Tutup Akses Iran Karena Khawatir Penyebaran Corona

Kebijakan negara Timur Tengah terlihat berbeda dibandingkan negara Asia Timur dan ASEAN yang masih membuka akses utnuk China yang merupakan awal penyebaran virus corona yang sejauh ini memiliki 77 ribu pasien virus corona.

Afganistan bahkan telah menghentikan semua impor produk unggas dari Iran. Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri Afganistan kini mencoba untuk mencegah penyelundupan masker ke luar negeri terutama ke negara yang memiliki infeksi virus corona yang banyak seperti China dan Korea Selatan.

Di tempat lain, Pakistan telah membangun tenda kesehatan darurat di perbatasan Iran. Hubungan dagang dengan Iran juga telah dihentikan unutk sementara.

Untuk Armenia sendiri, pengumuman penutupan akses ke dan dari Iran ini diumumkan langsung oleh PM Armenia, Nikol Pashinyan. Melalui postingan di Facebook, PM Nikol menjelaskan bahwa kebijakan ini akan berlangsung selama dua minggu kedepan.

Virus corona di Iran sendiri telah memakan korban 8 orang. kasus ini muncul di beberapa kota seperti Teheran dan kota suci Qom.