Warga negara Malaysia yang menjadi orang pertama terinfeksi virus conona COVID-19 di Malaysia telah dinyatakan sembuh. Bahkan ia telah dipulangkan dari rumah sakit.

“Pria berusia 41 tahun ini dinyatakan positif mengidap virus ini pada 3 Februari dan dirawat di ruang isolasi,” kata Menteri Kesehatan Malaysia Dzulkefly Ahmad.

Pria tersebut menghadiri sejumlah pertemuan di Singapura pada Januari lalu dan menjadi orang pertama Malaysia yang dinyatakan positif virus corona setelah pulang kembali ke Malaysia.

Sementara itu, adik perempuannya yang berusia 40 tahun dan ibu mertua yang berusia 65 tahun juga tertular virus corona darinya masih dirawat di rumah sakit.

Warga Malaysia Pertama Yang Terinfeksi Virus Corona Dinyatakan Sembuh
Warga Malaysia Pertama Yang Terinfeksi Virus Corona Dinyatakan Sembuh

Dzulkefly menambahkan bahwa tidak ada kasus baru yang terjadi lagi di negara tersebut. Sejauh ini total kasus adalah 16 warga negara China, enam warga Malaysia dan satu warga Amerika Serikat yang dinyatakan terinfeksi virus corona COVID-19 dengan sembilan diantaranya telah dipulangkan karena telah dinyatakan sembuh.

“Mereka menjalani tes COVID-19 berulang dan dinyatakan telah negatif pada dua tes berulang secara berturut-turut,” katanya.

Dzulkefly menambahkan bahwa ia telah menghubungi Menteri Kesehatan Kamboja Mam Bunheng untuk memperkuat kerjasama antara kedua negara dalam upaya memerangi COVID-19 setelah seorang warga AS berusia 83 tahun yang terbang dari Kamboja dinyatakan positif COVID-19.

Dia mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan akan bekerjasama dengan semua negara yang terlibat serta WHO untuk penanganan infeksi COVID-19 serta mengoordinasikan informasi dalam menerapkan kegiatan penelusuran kontak dekat.