Mantan ibu negara Malaysia yang diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi untuk membiayai gaya hidup mewahnya akhirnya di adili pada 5 Februari untuk pertama kalinya semenjak suaminya yaitu Najib Rajak tidak lagi menjabat.

Rosmah Mansor menjadi sorotan karena sering melakukan perjalanan belanja ke luar negeri dan memiliki berbagai koleksi tas dan perhiasan mewah. Ia menjadi penangkal kemarahan publik Malaysia ketika Perdana Menteri Nazib Razak juga diliputi berbagai tuduhan korupsi.

Koalisi lama milik suaminya yaitu Barisan Nasional secara mengejutkan mengalami kekalahan pertama pada pemilu dalam sejarah Malaysia pada tahun 2018. Hal ini sering kali di kaitkan dengan dirinya yang dianggap sebagai penyebab kekalahan besar karena ia dan pejabatnya telah diduga merampok miliaran dollar AS dari dana kekayaan negara yang bernama 1MDB.

Baik Najib dan istrinya semenjak itu diserang dengan berbagai tuduhan terkait dengan penjarahan kendaraan investasi Malaysia tersebut. Tetapi, pengadilan pertama Rosmah terfokus pada tuduhan bahwa dirinya menerima suap dalam proyek milik pemerintah.

Istri Mantan PM Najib Rajak Jalani Persidangan Pertama Terkait Korupsi
Istri Mantan PM Najib Rajak Jalani Persidangan Pertama Terkait Korupsi

Jaksa menuduh dirinay melakukan korupsi sebanyak 6,5 juta ringgit atau sekitar Rp 22 miliar karena diduga membantu perusahaan mengamankan proyek generator tenaga surya ke sekolah yang ada di bagian dari Malaysia yang ada di pulau Kalimantan yaitu Sabah dan Serawak.

Selain itu, Rosmah juga menghadapi tiga tuduhan korupsi untuk pelanggaran yang diduga terjadi pada periode 2016 hingga 2017.

Rosmah sendiri dikenal sebagai seseorang yang angkuh ini telah membantah tuduhan yang dialamatkan kepadanya ketika persidangan dimulai di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur.

“Sebagai istri mantan perdana menteri, ia tidak memiliki posisi resmi akan tetapi pengaruhnya dalam setiap keputusan penting pemerintahan selama suaminya menjabat sangatlah ebsar,” kata jaksa penuntut Gopal Sri Ram.

“Ia berada pada posisi yang dimana dia dapat memengaruhi sebuah keputusan pemerintah.”

Persidangan seharusnya dimulai pada Senin lalu akan tetapi ditunda karena Rosmah dirawat di rumah sakit setelah disebutkan mengalami sakit pada bagian leher. Pada hari Rabu dirinya tiba di pengadilan dengan diikuti oleh ambulans dan terlihat tertatih-tatih berjalan ke ruang sidang.

Najib yang juga tersangkut kasus yang sama juga muncul di ruang sidang ketika persidangan tengah berlangsung.

Setelah pemilihan pada 2018, polisi menyita berbagai barang berharga dan mewah termasuk didalamnya uang tunai, perhiasan dan tas mewah dengan nilai mencapai 273 juta dollar AS yang disimpan didalam properti yang diduga terkait dengan pasangan tersebut.